“$UKCLAW” Album Perdana Dari MADNESS ON THA BLOCK


Grup hip hop asal kota Denpasar “MADNESS ON THA BLOCK” atau akrab dipanggil MOTB, terbentuk sebagai kolektif dengan semangat pertemanan sekitar tahun 2014, namun memulai progresifitas sekitar akhir tahun 2016. MOTB mempunyai arti “kegilaan di sebuah blok”, dalam esensinya, berkacamata dari hip hop Bronx yang sering mengadakan “Block Party” dimana disetiap block party pada waktu itu memiliki MC gilanya (baca:Keren) masing – masing. Personil MOTB yang berisikan 5 anak muda, yaitu Kid Clique (MC), Loseyes (MC), W. Jenggo (MC), B-Radio (MC/Human Beatbox), Da Kriss (Beatmaker/DJ).

Karakter musik MOTB terbentuk seiring dengan selera masing-masing personil yang hasilnya menjadikan musik MOTB bagaikan perkawinan antara Buckwild DITC dengan Onyx atau Black Moon dengan Mobb Deep. MOTB banyak dipengaruhi oleh musik rap oldschool atau golden era, seperti Da Youngstas, Rage Against The Machine, Gravediggaz. A Tribe Called Quest, MOP. Ultramagnetic MCs, J Dilla, MF Doom, Rakim, Wu-Tang Clan, Da Shogunz dan Blabbermouf.

Di saat pandemi covid-19 menjadi momentum yang pas untuk MOTB berkarya dan akan segera merilis sebuah album pertama yang berisikan sembilan lagu materi lama yang lama terlupakan. Album ini mengangkat isu tentang keresahan, opini, dan beberapa braggadocio ala hip – hop, karena apapun tema lagunya hip – hop adalah kesombongan. Proses penggarapan album terbaru ini dikerjakan secara santai dan tidak tergesa-gesa.

Album ini banyak dibantu oleh kawan – kawan dari berbagai profesi, lintas skena, dan lintas pulau. Musisi yang terlibat di album perdana ini dibantu oleh beatmaker lokal Indonesia, diantaranya ada Densky9 berkontribusi dalam lagu “Embargo”, Dirayha sebagai beat pada lagu “Absoloop” dan Prime manifez dalam beat “Drama Bahtera”.

Lama proses penggarapan album ini kurang lebih memakan waktu 8 bulan sejak awal 2020. Judul dari album terbaru ini bertajuk “$UCKLAW” yang memiliki arti yaitu merespon kejanggalan dari aktifitas hukum hari ini yang kian semrawut, serta isu krusial soal “Sukla”. Biar pemirsa yang menelaah tajuk album tersebut ditambah jika di google translate artinya “ KEPARAT”. Bagi MOTB, Hip hop adalah media sebagai penyampai pesan dan selalu bersuara sesuai dengan kata hati dan emosi jiwa.

Previous MiaW MucuS - Maybe, Someday
Next Hurier Maples merilis single pertama penuh makna FOR IMMEDIATE RELEASE