Telah Beredar Album Debut SAKARIN – SAKARIN


SAKARIN berawal dari proyek solo Soni Irawan (Seek Six Sick) yang dikenal dengan nama Project Babi No. 9 pada tahun 2000. Band ini mencoba memainkan musik sependek dan secepat mungkin. Pada tiap penampilannya ia membawakan lagu/komposisi baru dengan musisi yang berganti-ganti. Musisi yang pernah bergabung diantaranya Rully Shabara (Senyawa), Bofag (Seek Six Sick), Uji Hahan (Black Ribbon/Punkasila/Prontaxan), Bagus Jalang (Mortal Combat), Gobel (Rotten Corpse), Ari Wulu, Kenyit (Noise For Violence), Jarot (Dirty Mouth), Seto (Something Wrong). Proyek ini merekam beberapa lagu yang dirilis dalam sebuah kompilasi “Bangun Dari Mimpi Buruk Yang Indah” (2003).
Pada tahun 2018 Soni menghidupkan proyek ini lagi dengan arahan musik dan rekan yang berbeda. Ia menggandeng Agus Suryanto, vokalis band hardcore Hands Upon Salvation dan Moki, drummer Airport Radio, Punkasila. Konsep musik Sakarin bertumpu pada campuran esensi dari grindcore, garage punk, sludge dan indie rock. Album perdana dengan judul yang sama akan dirilis pada 12 Februari 2020 yang mencakup 10 lagu berdurasi singkat. Versi di media streaming Spotify, Apple Music dan Deezer tersedia mulai tanggal 13 Februari 2020. Dua lagi “Celurit” dan “6 Detik Menuju Matahari Terbit” hanya tersedia di Bandcamp.
“Menyenangkan ketika mendengarkan ada band yang membawakan musik yang tidak umum. Saya berharap banyak band baru yang lebih berani bereksplorasi dan merilis album, dan bahkan aktif dalam waktu yang lama. Salah satu band yang menyita perhatian saya saat ini karena ketidakumumannya adalah SAKARIN. Proyek musik dari Soni Irawan (Seek Six Sick) dengan menggandeng para personil dari Hands upon Salvation, Airport Radio dan Punkasila. 
 
Sakarin memainkan riff garage punk dengan intensitas hardcore punk/grindcore. 10 lagu durasi super singkat, mix antara The Mummies, Dead Moon, Sonic Youth dengan intensitas Fuck On The Beach dan C.S.S.O. Dengan semua referensi itu, dieksekusi dengan teknik bermain yang lebih simple dan primitif membuat musik mereka sangat berbeda dari tipikal band ‘ngebut’ yang ada di Indonesia.
 
Eksperimentasi tanpa batas, tanpa aturan-aturan yang harus diikuti, tentu Bukan hal yang baru, tapi selalu menarik untuk disimak. Saya berkesimpulan bahwa apapun yang terjadi, Sakarin adalah band yang sangat layak untuk disimak.” — Uri A. Putra (Grieve Records)
SAKARIN:
Agus Suryanto: Vokal
Prihatmoko Moki: Drum
Soni Irawan: Gitar
Aransemen: Soni Irawan
Lirik: Agus Suryanto
Vokal Latar: Suparyanto Bofag
Produser: Soni Irawan, Wok The Rock, Tommy Katjong
Direkam di Studio JAS (Jogja Audio School), 2018
Penata Rekam: Mohammad Reza Akhar
Olah Suara: Yossy Hermans
Desain Sampul dan Logo: Wok The Rock
Artis: SAKARIN
Album: SAKARIN
No. Katalog: DR007
Tgl. Rilis: 
— Bandcamp: 12 Februari 2020
— Spotify, Apple Music, Deezer, dll.: 13 Februari 2020
Label: Dugtrax Records
Format: Digital
 
Previous Circle Fox Luncurkan Video Musik ‘Vintage Virgin’
Next PHILOSOPHY CAFE