RRevolt Of Sand Merilis Video Klip Terbarunya ‘Merah Putih Hitam’ Sebagai Penanda Bahwa Kita Sedang Tidak Baik-Baik Saja

Latest

Milestone Merilis Single Kedua Berjudul “Gemerlap Gelap”

Yang terang diantara gelapnya malam, dan terbitlah lentera baru“Saat...

BALAU Merilis Album Perdana Berjudul “Bhairawa Tantra”

Balau adalah duo rock purbakala yang dinaungi oleh Suryanegara...

Devin Adamn Feat. Shadeeqap Merilis Single Baru “Take You Out”

Devin Adamn adalah seorang singer-songwriter, rapper, dan producer independen asal Bekasi yang memproduksi lagu...

Snail Mail Mengumumkan Single dan Album Baru “Valentine”

Pada 15 September kemarin, Snail Mail (Lindsey Jordan) mengumumkan “Valentine”,...

“Tak Mau Sendiri”, Single Terbaru Kaleb J yang Berkolaborasi Bersama Belanegara Abe & Abraham Edo

Dengan jumlah pendengar bulanan di Spotify mencapai hampir 3 juta dan total streaming dari kedua lagunya ‘It’s Only...

Share

 

Repetisi Kausa Sosial Menjadi Moral Dasar Molotov Mutakhir Bertajuk Merah Putih Hitam.

‘Merah Putih Hitam’ adalah tajuk debut single dari album In The Counterfeit Freedom. Kaliber pertama yang secara utuh berpendapat terhadap sistem politik yang selalu memiliki dampak pada iklim sosial ini, juga merepresentasikan sikap Revolt Of Sand sebagai personal maupun unit bermusik, pula debut album mereka, In The Counterfeit Freedom.

Dalam keseluruhan single ini, Revolt Of Sand menceritakan kembali keluh kesah usang sebagian besar manusia yang hidup di negara Dunia Ketiga. ‘Merah Putih Hitam’ sarat akan optimisme yang marah terhadap sistem serta penyusun sistem yang berdampak buruk dalam berkehidupan menjadi warga Negara. Dogma sejak kecil bahwa Merah artinya berani serta Putih artinya suci kini menjadi tanda putus asa namun tetap marah bagi sebagian besar orang dalam menyikapi hal yang sama dan tidak berubah. Namun untuk Revolt Of Sand, wujud Merah Putih dikombinasikan dengan Hitam tidak untuk mengubah tetapi menambah rasa kepemilikan sebagai warga yang diakui negara. Hal tersebut menjadi simbol pengingat bahwa kondisi negara masih belum lepas dari rasa resah dan kelam walau sudah berangsur melewati berbagai era namun belum juga menemukan titik baik yang terasa.

Komposisi masing masing instrumen dalam lagu ini pun seolah mempertegas rasa marah yang bertransformasi menjadi muak yang sangat. Musik padat berisi dinamika mood yang naik lalu turun untuk kemudian naik kembali ini, bagai memberi ruang bebas untuk pendengar berekspresi sesuai keinginan mereka. Tidak hanya padat, Revolt Of Sand pula meneruskan tongkat estafet tradisi musik Rock sebagai pengaruh yang dalam repertoarnya kerap menyuguhkan ritual solo instrument. Pada Merah Putih Hitam terdapat solo gitar, bass dan turntable yang dinamis dan anthemic seakan memberi garansi bagi siapapun yang mendengar akan melakukan air instrument atau membunyikan kembali bagian solo tersebut melalui mulut mereka.

Visual yang disajikan menjadi penguat arti dari sikap dalam ‘Merah Putih Hitam’ terlihat dari sosok yang menjadi peraga ketika menyaksikan para elit memainkan peran yang wajar menjadi rutinitas mereka dalam layar kaca. Kemudian dia membanting kursinya seolah tidak peduli akan kedudukan yang diinginkan tak lain adalah kesetaraan yang nyata. Kemarahan yang sama tertuang pada footage massa yang tak kunjung mundur walau diberondong gas air mata dan water canon. Scene penutup ketika mahasiswi mencegah aparat yang menodongkan laras panjangnya pada Revolt Of Sand lalu menggenggam merah putih menjadi penegas bahwasanya karena kami sangat mencintai negara ini lah maka dari itu kami menentang apapun yang merusak.

‘Merah Putih Hitam’ akan dipublikasikan melalui label Fist Valley Records pada tanggal 11 September 2021 dalam kanal Youtube milik Revolt Of Sand. Musik pada single ini berawal dari riff mentah oleh Raggil Suliza yang dimasak kembali oleh Dhiardana Rachmadiargo dan penulisan lirik oleh Raggil Suliza juga Gol’Conda Kusuma Nagari.

TAUTAN PREMIERE YOUTUBE “MERAH PUTIH HITAM” – REVOLT OF SAND

Revolt Of Sand
Band Manager: Tony +62-813-3394-0395
Social Media :
Instagram, Youtube & Twitter : Revolt Of Sand
All Digital Streaming Platform : Revolt Of Sand

Fist Valley Records
Label Manager : Goldy +62-822-3131-9857

Instagram : @fistvalley.records

Open chat