Raousse Luncurkan Debut EP Berjudul “Constant Memories”

Share

Dewasa ini, musik hardcore sedang berkembang dengan sangat pesat, khususnya di wilayah Surabaya. Salah satu nama yang turut meramaikan adalah Raousse, yang senantiasa memberikan angin segar sejak perilisan maxi-single pada tahun 2022 lalu. Dengan mengkombinasikan antara gaya musik post hardcore dan emo adalah salah satu ciri khas dari Raousse.

Tahun 2024, Raousse kembali mengeluarkan debut EP berjudul “Constant Memories” pada 10 Januari 2024. Enam track dari EP tersebut mengkombinasikan gaya modern hardcore dengan post hardcore. Raousse mengawali dengan singleLet Go’ dalam pembukaan EP ini yang dirilis pada November 2023 lalu. Dengan referensi seperti Have Heart, Koyo, Anxious, dan Texas is The Reason, Raousse tetap memfokuskan untuk push the boundaries dari lingkup hardcore itu sendiri.

Debut EP dari Raousse ini memiliki cerita yang unik. Berangkat dari tulisan dan keluh kesah dari Begs, Imung, dan Gemilang, terdapat enam lagu yang dijadikan menjadi satu secara runtut. Pada track 1-2-3, Raousse membawakan suasana modern hardcore era 2000-an kembali, dengan mengambil contoh seperti Bane, Have Heart, Verse, dan Sinking Ships. Dari ketiga lagu tersebut menceritakan tentang seseorang yang masih belum bisa melupakan memori yang telah berlalu. Cerita lagu tersebut dapat didengarkan pada trackDots on a Map’, ‘Grey’, dan ‘Page of Farewell’. Luapan emosi dari ketiga lagu tersebut disampaikan secara eksplisit, lugas, dan cepat.

Bagian kedua dari EP Raousse, lagu 4-5-6 merupakan fase acceptance terhadap seseorang yang telah hilang. Diawali dengan ‘Let Go’, cerita dari Begs yang memaparkan tentang bagaimana dia kehilangan seseorang yang dia sayangi. Lalu track sambungan antara ‘Leaving Time’ dan ‘Autumn Remains’, memaparkan ketika seseorang telah melepaskan dan merelakan orang yang kita sayangi. Nuansa ketiga lagu ini lebih ke arah melodic hardcore ala Lifetime, Anxious, dan Farside. Maka dari itu, EP yang berjudul “Constant Memories” ini menceritakan jika memori itu tidak dapat lepas terhadap individu itu sendiri. Memori tersebut akan lekat walaupun akan membekas baik itu berkonotasi positif maupun negatif.

EP ini direkam melalui SelfRecs, Trek House, dan Natural Music Studio. Lalu pada departemen mixing dan mastering, dikerjakan oleh Ayok (Screaming Factor) di Griffin Recording Studio, Malang. EP ini dirilis oleh Outta Sight Records (Ndaru) yang sangat aktif merilis band-band hardcore hingga alternatif. Debut EP dari Raousse ini merupakan sebuah breakthrough dari perjalanan panjang yang sangat dinantikan oleh mereka. Sebuah gabungan antara emo/hardcore yang secara gamblang digarap oleh Raousse yang sangat layak untuk dinikmati!

Klik di sini untuk mendengarkan Constant Memories di Bandcamp.