Pratima Mempersembahkan “How Art You Today”


Berproses bersama dalam pendidikan mengantarkan kita saling bertemu dan berbagi ilmu. Seni Rupa UNNES adalah rumah bersama kami dalam belajar ilmu ke-Senirupaan. Para mahasiswa datang dari berbagai daerah dan berproses bersama hingga menemukan jati diri mereka masing-masing, salah satunya adalah dari Banyumas. Setelah lulus sebagian besar dari mereka kembali ke kampung halaman masing-masing guna mengaplikasikan ilmu yang diterima. Sampai akhirnya kita dipertemukan dalam komunitas PRATIMA.

PRATIMA merupakan suatu wadah untuk menjalin komunikasi/silaturahmi sesama alumni Seni Rupa UNNES serta menghangatkan dunia kesenirupaan yang ada di Banyumas. Perlu diketahui bahwa PRATIMA merupakan akronim dari Perupa Kreatif dan Mandiri. Kata PRATIMA ini dalam bahasa sansekerta berarti rupa/bentuk gambar. Nama PRATIMA dipilih dengan acuan dapat mewakili dari komunitas ini.

Filosiofi dari PRATIMA (Perupa kreatif dan mandiri) yang pertama adalah kreatif. Kreatif yang dimaksud merupakan perwujudan keunikan kecerdasan seseorang yang diperoleh melalui belajar. Melalui proses belajar yang terus-menerus, bertukar ide, dan eksplorasi akan menuntun individu menjadi berkembang dan dinamis. Diharapkan filosofi dari kata kreatif ini dapat mengantarkan kita untuk berkarya yang inovatif dan original sebagai bentuk ekspresi diri dan juga proses dalam berkesenian.

Kedua adalah mandiri, merupakan suatu keadaan seseorang dapat berdiri sendiri, tidak bergantung kepada orang lain. Filosofi mandiri ini adalah para perupa anggota Pratima dapat berkreasi masing-masing, selalu percaya diri dengan keahlian dan kreativitas masing-masing untuk menciptakan karya yang estetis dan berkarakter.

 

Robin EsaYulianto

Previous The Moses Purposes Rilis Single "Louder Harder" dan "Something Wrong
Next "Berbagi Kamar" - Rekah