Padukan Hip-Hop dan Dub/Reggae, Dubyouth & BAP. Rilis Single Kolaborasi ‘Just Dub It‘

Share

Duo dub/reggae Indonesia, Dubyouth dan  artis hip-hop BAP. akan merilis single baru yang menyatukan dua gaya berbeda dengan atmosfer yang menyenangkan dan santai.

Lagu yang ‘JUST DUB IT’ merupakan hasil kolaborasi antara Dubyouth yang berbasis di Jogjakarta dan BAP. dari Jakarta. Keduanya berkolaborasi untuk memadukan ritme reggae dan dub dari Dubyouth yang santai dengan ketukan hip-hop ala BAP. yang dinamis dan terasa hidup.

Dimulai pada tahun 2003, Dubyouth menggabungkan banyak genre musik, mulai dari reggae dan dub, oldschool jungle, hip-hop, ragga, house music, dan urban vibe, dengan attitude rude boy. Heruwa a.k.a Poppa Tee adalah dalang di balik proyek ini dengan bantuan dari Metzdub pada konsol mixing selama pertunjukan live mereka. Setelah tur Eropa mereka, pada tahun 2012 Dubyouth merilis album debut self-titled yang sangat dinantikan melalui Demajors.

Sementara di balik BAP., Kareem Soenharjo, mendapat pengaruh mulai dari hardcore, punk, jazz, hingga LA beat scene. Selera hip hopnya yang eklektik dengan mendengarkan berbagai jenis lagu telah memberinya keunggulan di skena musik Indonesia. Dengan 2 album, 1 kolaborasi dengan Basboi dan Best Asian Album 2021 (versi NME Asia) diikuti dengan Best Hip Hop Album 2022 (AMI Awards) di tangannya juga penampilan live yang memukau, BAP. adalah musisi yang harus diperhatikan sepak terjang-nya.

Perpaduan kedua gaya mereka menciptakan suara unik yang segar dan familiar di saat yang bersamaan. ‘JUST DUB IT’ hadir dengan beat santai ala Dubyouth, bassline cool funk-esque, sound synth yang lebar serta beat dan sajak BAP. yang mantab datang bersama dalam perpaduan yang mulus.

Lagu ini menampilkan vokal toasting yang berat dan penuh perasaan dari Poppa Tee, dikombinasikan dengan pembawaan vokal gaya rap yang rapat dari BAP. Hasilnya adalah lagu yang menyenangkan dan energik yang akan membuat penggemar musik dub/reggae dan hip-hop menari di lantai dansa.

Kolaborasi inovatif antara Dubyouth dan BAP. ini. adalah contoh sempurna tentang bagaimana genre yang berbeda dapat bersatu untuk menciptakan sesuatu yang benar- benar unik dan segar. Dengan memadukan riddim dub/reggae dengan hard-hitting beats & rhymes dari hip-hop, keduanya telah berhasil menciptakan komposisi yang menyenangkan dan inovatif.

JUST DUB IT’ harus didengarkan oleh siapa saja yang mengapresiasi musik yang inovatif dan menembus batas. Seperti lirik BAP., “I got some good days. Album of the year so I’m getting good pay”, siapa tahu yang ini mungkin berakhir di salah satu penghargaan itu.

Single ‘JUST DUB IT’ akan tersedia pada 26 Mei 2023 di semua platform streaming utama melalui DoggyHouse Records. Jadi, jangan lewatkan kesempatan Anda untuk mendengarkan kolaborasi inovatif antara Dubyouth dan BAP. ini.