LOOK UP : Menikmati pameran seni rupa dengan gaya baru.


Kelompok seniman muda OemArt Bakrie adalah sekumpulan pemuda yang aktif berkarya pada ranah seni rupa. Kelompok ini diinisiasi oleh Bayu PA, sekaligus penggerak para seniman yang ada di dalamnya. Kelompok seniman OemArt Bakrie dibentuk pada awal Mei 2020 untuk menjawab keresahan para perupa yang tergabung di dalamnya. Sejak diterapkannya Social Distancing untuk mencegah penularan pageblug, para seniman tidak bisa mengadakan pameran seperti biasa, dan harus memanfaatkan teknologi yang ada untuk tetap bisa mengadakan pameran untuk karya yang mereka hasilkan.

Memberi tajuk ‘LOOK UP’, pameran ini akan menampilkan hasil lukisan para perupa Oemart Bakrie, pameran akan dilaksanakan pada 29 – 31 Mei 2020. berkolaborasi dengan Kelompok Semesta Keci, pameran ini akan menghadirkan cara lain untuk menikmati pameran seni rupa 2 dimensi. . Pada awalnya, anggota OemArt Bakrie yang terdiri dari 3 orang perupa paruh waktu yaitu Bayu PA, Endar Pramono, Awan Hastanto berniat untuk melakukan pameran seperti pada umumnya. Mengingat kondisi yang tidak memungkinkan untuk melakukan kegiatan yang menghadirkan kerumunan, maka dicetuskan konsep Pameran Virtual bersama Kelompok Semesta Kecil sekaligus  menghimpun lingkaran baru bersama perupa lain.  

Pameran virtual ‘LOOK UP’ ini bertujuan untuk membantu perupa yang menemui kesulitan untuk membuat pameran sebagai puncak pengkaryaan Seni Rupa. Menurut Bayu selaku inisiator pameran “ Ketika seniman tidak bisa bergerak dalam situasi yang membeku ini, kita harus coba cara lain untuk menyampaikan isi dari  masing-masing karya kita dengan gaya baru dan semoga dapat menjadi pemantik nyala api bagi pemuda pegiat seni rupa dan dapat diterima oleh khalayak umum “.

Pameran Virtual ‘LOOK UP’ ini akan menampilkan karya – karya baik dalam bentuk karya seni rupa murni maupun terapan yang telah di kurasi, selain karya seni rupa 2 dimensi, pameran ini juga akan menampilkan kolaborasi lintas seni. Selain pertunjukan seni, juga akan diadakan Lelang karya seni yang telah dipamerkan. Hasil penjualan dari lelang tersebut nantinya akan dipergunakan untuk membantu masyarakat yang terkena dampak dari pandemik ini.

 

Proses Produksi Pameran Virtual ‘LOOK UP’ ini akan diselenggarakan di situs Virtual Exhibition www.artsteps.com dengan format Augmented Reality, akun media daring Semesta Kecil di Youtube serta @semestakecil.id di Instagram sebagai pusat informasi perkembangan pameran virtual ini. Dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang telah disampaikan pemerintah dalam rangka memutus rantai penyebaran pandemi diharapkan Pameran ‘LOOK UP’ menjadi angin segar bagi standar kegiatan kreatif di Kabupaten Purbalingga serta menjadi kegiatan rutin berbasis luring maupun daring setiap tahunnya oleh Kelompok OemArt Bakrie dengan Kelompok Semesta Kecil. Semoga ya. (Semesta Kecil)

 

Daftar Perupa:

Bayu PA, Endar Pramono, Awan Hastanto, Said (Umah Suwung), Arif (Angkringan Arjuna), Joni ( Sanggar Manahati ), Diptya ( Desain Komunikasi dan Visual UNS ), dan Kamil ( anggota Urban Street Culture Purbalingga – Muralis dan Street Artist)

Kata Pengantar Oleh :

Dimas Wahyu Pramudya ( Manajemen Seni Rupa ISI Yogyakarta )

Previous Creative Waste Band Asal Arab Saudi di Rilis Oleh Samstrong Records
Next Righting Wrong - Utopia: Tentang Keselarasan dan Keteraturan Dunia yang Semu