Debut Abum dari Tk. yang Berjudul “PERSOONA”

Share

Pada Februari 2023 ini, Tk. merilis album perdananya yang berjudul “PERSOONA“. Bekerja sama dengan beberapa musisi dan produser Indonesia seperti Keilandboi, Kay Oscar, Gilang Dhafir, yang dipercaya sebagai kolaborator, album ini merupakan sebuah rilisan terbaru setelah lama tidak merilis karya di sepanjang 2022.

Lahir dan besar di Batam, Tk. merupakan nama yang diadopsi dari nama aslinya, Taufiqurrahman Kiagus. Saat bertumbuh, koneksi pertamanya dengan musik adalah melalui koleksi CD hip-hop klasik teman-temannya. Kemudian dia merekam dan merilis single pertamanya dengan judul ‘Stand Here‘ pada tahun 2019. Lalu kembali produktif dengan rilisan Bersama BLVCKMINDS berjudul ‘BALAGA‘ diikuti dengan lima lagu lainnya yang disusun menjadi EP pertama Tk. bersama grupnya, juga album berjudul “SEE YOU SOON” pada tahun 2021. Saat ini, Tk. adalah seorang rapper, penyanyi, penulis lagu, creative director, dan juga pengusaha.

PERSOONA” adalah album perdana solo yang digarap Tk. sekaligus penanda akan hadirnya rilisan-rilisan baru darinya. Secara garis besar, PERSOONA adalah kata yang mendeskrepsikan hal terluar dan terdalam yang ada pada diri, agar bisa cukup dan bermanfaat untuk orang lain. Kata PERSOONA muncul berawal dari diskusi bersama salah satu kolaborator yang juga ambil andil dalam proses pengerjaan album ini. Makna pada istilah “persona” yang arti umumnya adalah topeng yang ada pada dalam diri setiap insan.

Kemudian terbesit ide untuk memberi judul album yang sangat personal baginya ini dengan tambahan “O” menjadi “PERSOONA”. Ketika ditanya oleh rekan, “mengapa PERSOONA?” Dengan santai ia menjawab, “Karena selain album ini sangat personal untukku, album ini merupakan bukti, bahwa topeng yang ada di diriku juga akan berimbas baik ke dalam jiwaku.” Maka dari itu, ia gabungkan kata “persona” dan “soon” menjadi “PERSOONA”.

Album dengan nuansa alternative rap ini memakan waktu kurang lebih dua tahun dalam pengerjaannya. Berawal dari mimpi untuk memiliki album perdana, menyusun konsep, lalu pulang pergi Bandung – Jogja untuk mencari langsung produser musik yang cocok, mencari kolaborator lain untuk ambil bagian, menunggu hasil mixing dan mastering dari engineer, hingga akhirnya tercipta dan terkurasi menjadi 11 lagu.

Klik untuk mendengarkan PERSOONA di Spotify.