Cerita Suka Duka Mahasiswa Lewat “Siurversa” oleh 5678things


Unit tweepop 5678things yang berdiri sejak akhir 2017 dan tampil untuk pertama kalinya pada Record Store Day 2018, lalu pada pertengahan 2019 menelurkan album mini pertamanya setelah sebelumnya mengeluarkan dua nomor melalui demo pada pentas perdananya tersebut.

Album mini yang diberi judul Siurversa ini sejatinya sudah siap sejak Mei 2018. Akan tetapi, para personel yang terdiri dari Alverina Gustiani (vokal), Ilham Ihza Mahendra (gitar), Yoel Abeng Pridesta (drum), dan Ardian Fikri (bass) yang saat itu masih berstatus mahasiswa membuat eksekusi di dapur rekaman cukup terkendala karena sulitnya mencocokkan jadwal masing-masing. Sehingga target rilis yang sekiranya sudah terjadwal di akhir 2018 akhirnya mundur.

Status dan problematika sebagai mahasiswa yang akhirnya dijadikan tema utama dari lirik album mini yang berisi enam buah lagu tersebut. Suka duka perkuliahan, persahabatan, percintaan bahkan organisasi kampus dapat anda rasakan dari band yang namanya berasal dari urutan bulan dan tahun kelahiran personelnya ini.

Untuk proses produksi, 5678Things  mengambil tiga tempat berbeda. Untuk drum mereka memilih Dims Studio. Kemudian untuk vokal di Tiara Studio. Pada saat take vokal terdapat cerita yang unik dimana studio tersebut sesungguhnya bukan merupakan studio rekaman.  Keadaan tersebut membuat mereka perlu mengakali dua bunyi yang mengiringi proses take vokal mereka: bunyi pengharum ruangan otomatis dan bocoran bunyi studio sebelah. Sedangkan sisa instrumen yang lain beserta mixing dan mastering dikerjakan di Musikmaya Studio.

Pemilihan Heartcorner Records sebagai medium untuk dalam melahirkan Siurversa adalah bentuk dukungan semesta karena kebutaan mereka akan tetek-bengek rilisan fisik, sedangkan Heartcorner Records memang sudah lama vakum dalam merilis karena iklim musik Purwokerto yang sedang dirundung kesunyian. Dukungan semesta tersebut akhirnya bekerja membuat Siurversa menjadi album yang sudah siap dinikmati telinga anda secara fisik pada tanggal 20 Juni 2019.

Klik tautan untuk menyimak album digital “Siurversa”

https://heartcorner-records.bandcamp.com/album/5678things-siurversa

5678things :

https://www.facebook.com/5678Things

https://www.instagram.com/5678things/

Email :

about5678things@yahoo.com

Previous Thirteen - Aksi
Next Goddess of Fate, Band Progressive Metal Yogyakarta, Akan Mengadakan Tour Asia Tahun Ini