Cerita Amarah dalam Kerendahan Hati dari Fremde’13 dan Dracul Melalui Single Kedua yang Bertajuk ‘Resolve’

Share

Unit moshcore asal Banjarnegara, Fremde’13 melanjutkan eksistensinya dengan melepas single terbaru yang bertajuk ‘Resolve‘ dalam format streaming digital sekaligus menjadi rilisan kedua menyusul judul ‘Acceptance‘ yang juga telah dirilis pada Maret 2023 silam.

Semakin memantapkan jalan menuju terbentuknya debut album penuh, pada rilisan kali ini Fremde’13 bersinergi dengan salah satu vampir hiphop asal Purwokerto, Dracul, demi memberi estetika serta nuansa gelap pada lagu ‘Resolve‘ untuk dipadukan dengan lapisan instrumentasi musik khas hardcore modern yang coba dibawakan.

Aransemen ‘Resolve‘ diramu oleh Nanda Saputra lalu selanjutnya menjadi bahan dasar untuk proses penulisan lirik oleh Agung Riyantoro dan Dracul sendiri yang juga sekaligus mengambil alih pengisian vokal hiphop di dalam lagu tersebut. Melalui single ini, Fremde’13 mencoba mengekspresikan bagaimana entitas manusia memproses sebuah perasaan ikhlas terhadap hal-hal yang tidak terduga dan tidak bisa dikendalikan, tema kerendahan hati ini disampaikan apik melalui vokal sing/scream Adwin Nugraha yang tetap menjaga kesan amarah ala musik hardcore.

Proses penulisan aransemen hingga lirik lagu ‘Resolve‘ terbilang cukup memakan waktu yang tidak sedikit dan merupakan tantangan baru bagi para personel, dimana pada lagu ini Fremde’13 mencoba meramu materi serta seluruh proses produksi secara mandiri dan otodidak dengan proses mixing dan mastering dibantu oleh Ananta Ajie dari Medusa Records.

Klik di sini untuk mendengarkan Resolve di Spotify.