Bumbie Lahirkan “Manusia Dan Rencana”, Sebuah Warna Baru di Skena Musik Kendari

Share

Bumbie adalah sebuah grup musik bernuansa pop dreamy/alternative asal Kendari, Indonesia yang dibentuk pada tanggal 4 November 2017 oleh tiga anak muda, yakni Cengso (vokal), Indra (bass), Uccu (gitar) berdasarkan kecintaan terhadap musik.

Selain itu, karena merasa bosan menjadi band cover (yang menyanyikan lagu dari penyanyi atau band lain) dan punya keinginan untuk menciptakan serta membawakan lagu sendiri, pada akhirnya Bumbie merilis single perdana berjudul ‘Pesan Pembuka‘ pada tahun 2019.

Pesan Pembuka‘ menjadi peluru yang membawa Bumbie binal di skena musik
Kendari. Masuknya Yoel (keyboard) dan Iyan (drum), membuat grup musik yang identik dengan jamur ini semakin melejit dengan warna baru mereka dan melahirkan debut album bertajuk “Manusia Dan Rencana” yang dirilis secara digital pada tanggal 24 Februari 2023 lalu.

Album ini adalah kumpulan cerita perjalanan spritual manusia dalam mencari arti hidup, arti cinta serta mengenali diri di tempat yang fana, lalu pada akhirnya kembali ke rumah yang abadi. Bingkai cerita yang khusyuk lewat album “Manusia Dan Rencana” dirasa tepat sebagai pembuka langkah perjalanan musik Bumbie berikutnya.

Bumbie menggambarkan “Manusia Dan Rencana” ini layaknya sekuel film dengan jumlah dua belas lagu didalamnya, yang dimana cerita dari setiap track itu berkesimbangungan. Jadi untuk lebih memahami arti dari album ini, direkomendasikan untuk mendengar lagunya secara berurutan. Bunyi-bunyian unik, kelembutan instumen serta kekuatan lirik menjadi hal yang paling melekat di tubuh Bumbie. Tak hanya bermain di ranah dream pop, pada album ini Bumbie menyajikan musik dalam lintas genre, guna sarana eksplorasi agak tidak terjebak ‘disitu-situ saja’.

Penggarapan album ini menghabiskan waktu kurang lebih dua tahun. Untuk pengerjaan musik di album “Manusia Dan Rencana“, Bumbie berkolaborasi dengan seniman lokal bertalenta, Bondan Natasya dan Fadel Ishak. Bondan merupakan musisi reggae kenamaan yang sering tampil bersama TypicalDay dan d’Reggaeneration. Fadel, seorang seniman bertalenta, memiliki warna vokal yang tebal, yang juga menjadi roadman di Bumbie.

Mulai hari Jumat, 24 Februari 2023, Bumbie telah resmi merilis album “Manusia Dan Rencana” di toko musik digital dan radio di seluruh Indonesia. Bersamaan dengan itu, akan dirilis secara berurutan produk-produk kreatif lainnya yaitu berupa video lirik, video musik, video proses rekaman album “Manusia Dan Rencana”, hingga merilis merchandise berupa CD, T-Shirt, Sticker dll.

Klik untuk mendengarkan Manusia Dan Rencana di Spotify.