Bleary Release Single Latter Smil


Setelah sukses dengan single “Summery” masuk ke dalam playlist Spotify: ‘Fresh Finds Indonesia’, Latter Smil, duo indie asal Palu, kembali suguhkan single kedua bertajuk “Bleary” di semua digital platform pada 24 Oktober 2020.

Tidak jauh berbeda dengan warna yang disuguhkan sebelumnya, Bleary dengan instrumen utama Ukulele memberi nuansa ceria namun dengan lirik yang menggambarkan kemuraman sehingga secara keseluruhan terkesan lebih sarkas. “Bleary” yang berarti muram ini pada awalnya merupakan arsip puisi yang ditulis oleh Dian pada tahun 2016 silam. Puisi ini tentang luapan kekesalan terhadap orang-orang yang begitu mudah mengumpat atas sesuatu yang hanya dinilai dari sampulnya saja.

“Orang-orang seakan berbicara dengan lututnya, begitu tumpul, namun lantang dan dengan percaya diri, terdengar menyakitkan.” Jelas Dian, membedah salah satu bait puisi yang kini menjadi lirik.

Tulisan ini juga menjadi pion terbentuknya Latter Smil. Eko menjelaskan, tulisan pertama yang dilihatkan oleh rekan duo-nya adalah Bleary, hingga ketika lagu tersebut siap untuk di-take, project tersebut belum mempunyai nama.

“Bleary sebenarnya lagu pertama yang kami record, waktu itu di studio Cosmogony. Project inilah yang merembukkan bahwa kami harus mempunyai nama, maka terbentuklah LS (Latter Smil).” Tutup Eko, melengkapi fakta dibalik lagu tersebut.

Dibentuk sejak Mei 2018, Latter Smil menjadikan musik sebagai bentuk ekspresi diri dan wadah untuk terbit di permukaan musik Kota Palu. Lirik lagu yang dituliskan sebagian besar diambil dari keresahaan yang mereka rasakan di kesehariannya, juga dari bait-bait puisi yang kemudian dikemas menjadi musik.

Sebagai single kedua dari album EP yang rencananya ditebus di penghujung tahun ini, Bleary juga divisualkan dengan video lirik yang akan rilis di kanal YouTube mereka. Selain video lirik, rilisan ini dibarengi dengan konten-konten lainnya seperti video live taping, interview, dan review pendengar.

Tentang Latter Smil

Berasal dari Kota Palu, Latter Smil merupakan duo indie yang dibentuk sejak Mei 2018, dengan anggota Eko Budi Rasyanto dan F. Dian Utami. Diambil dari bahasa Denmark, kata ‘Latter’ dan ‘Smil’ berarti Senyum dan Tawa. Single debut mereka “Summery” telah dirilis secara unofficial secara daring pada 2018.

Sejak meluncurkan single, Latter Smil beberapa kali menjadi line up di perhelatan anyar seperti Road to Soundrenaline Palu, Rekreasi Siasat Partikelir Calling on the Road bersama Jason Ranti dan Navicula, dan Authentic Moment with Danilla. Sempat terlibat di beberapa project album musik kompilasi, seperti ‘Pancaswara’ oleh Kreatif Tengah (2018) dan ‘Memorama’ yang diprakarsai oleh Forum Sudut Pandang, dengan lagu yang mengangkat isu bencana sosial bertajuk “Membahu” (2019). Saat ini, mereka masih di dalam tahap mengerjakan project EP yang rencananya ditebus di akhir tahun 2020 bersama May Records.

Para personil

Eko Budi Rasyanto

Fahrunnisah Dian Utami 

 

Tim Produksi

Produksi: Latter Smil

Cover Atrwork: Registya Wardani

Recordand Mixing: RnR Studio

 

Kontak:

Manager/Produser

Tlp/WA 081295906148 (Taro)

Email: taro.zarathusra@gmail.com

Instagram: @taro_zarathustra

 

Media Sosial:

Instagram: @lattersmil

 

Link Spotify Bleary

Link Featured on Spotify Playlist: Fresh Finds Indonesia

Previous Deandra Nadira Merilis Single Perkenalan, “It’s Just That”
Next SUNLOTUS RILIS SINGLE KETIGA, “SUNROOF SHELTER (THIS OLD HOUSE)”