Merekam Serta Mengenang Gedung Soetedja Lewat Data dan Sinema

Share

Mengenang Kembali Soetedja adalah kegiatan yang diinisiasi oleh kolektif Heartcorner yang menyajikan agenda pemutaran film dokumenter tentang musik dengan judul “Ruang Kami: Soetedja” dan presentasi jurnal ilmiah berjudul “Urban Space Spatiality: Case from Gedung Soetedja”. 

Bekerja sama dengan beberapa kolektif dari luar kota, seperti Hysteria (Semarang), Rekam Skena (Jogjakarta), acara yang digelar pada Jumat, 9 Februari 2024 di Hetero Space Banyumas ini turut mengundang rekan-rekan komunitas di Purwokerto, baik yang pernah beririsan langsung dengan Gedung Soetedja, maupun tidak. Selain itu, Heartcorner juga turut mengundang beberapa rekan akademisi dari beberapa universitas di Purwokerto, jurnalis media cetak dan online, mahasiswa, serta pelaku budaya lainnya. 

Sesuai dengan rencana, acara dibuka pada pukul 19:45 oleh MC Kriana, atau yang biasa dipanggil Bassat, yang kemudian disambung sambutan dari pihak venue oleh Irfan Bahtiar. Pemutaran film dan pemaparan proses produksi disampaikan oleh Kemal Fuad Ramadhan selaku line producer, dan Farobi Fatkhurridho sebagai director dari film dokumenter “Ruang Kami: Soetedja”. Setelah itu, presentasi jurnal ilmiah disampaikan dengan singkat dan padat oleh Wiman Rizkidarajat.

Kegiatan pemutaran dan presentasi yang membawa narasi ruang dan pemuda, penciptaan ruang dan gerakan alternatif ini berjalan dengan lancar dan baik, serta mampu memancing respon dari pengunjung yang hadir. Dari beberapa narasumber yang hadir, Mas Ifa turut memberikan reaksi yang positif atas lahirnya film ”Ruang Kami: Soetedja”. Selain itu tanggapan mengenai aktifitas ruang alternatif yang terjadi di Purwokerto turut disampaikan oleh Addi Kapper dari One Step Beyond yang aktif di skena musik ska/reggae, serta Reza ‘Grunge’ yang menggiati kelompok bebunyian noise di Banyumas bernama Banyunoise.

Acara resmi selesai pada pukul 21:20 dan ditutup dengan foto bersama antara pelaksana kegiatan, pengelola venue dan pengunjung yang hadir.