Lawrence Philip feat. Karissa – Please Don’t Give Up on Me (Single Review)


SYNTHWAVE BERNUANSA BACK TO THE FUTURE!

Lawrence Philip atau yang akrab disapa “Random” ini adalah seorang pentolan dari skena musik Drum & Bass Indonesia dan menjadi salah satu pioneer dari Javabass Soundsystem yang juga merupakan label Drum&Bass di Indonesia sejak tahun 1999. Lawrence juga tergabung dalam skena musik elektronik Indonesia pada awal tahun 2000-an dengan nama “Electric Groove” atau disingkat “EGRV”. Dia juga merupakan salah satu Lecturer Music Production di SAE Institute Jakarta. Kali ini Lawrence a.k.a Random mencoba untuk membuat project solo dan telah merilis sebuah lagu yang bertajuk “Please Don’t Give Up on Me”. Dalam lagu ini Lawrence mencoba menggaet Karissa yang merupakan vokalis dari EGRV.  Sebuah lagu dengan nuansa yang membawa kita kembali pada era 80an, dimana pada masa itu kita akan teringat pada lagu-lagu bertema “Synth-wave” atau “New Wave” yang sering kita dengar pada saat menonton film “Back To The Future”.

Terdengar sangat kental nuansa synthwave itu dari pemilihan sound, instrument, dan licks yang ada di lagu ini. Pada awal lagu terdengar Arpeggio dari sebuah analog synthisizer, dan tanpa basa-basi, 4 (empat) bar yang hanya menjadi pembuka dilagu ini, membawa langsung ke Vokal Karissa yang memang sangat padu dengan music Lawrence. Masih tetap dengan nuansa “Synthwave” nya yang didukung oleh pemilihan Sound Drum ala ala Drum Kit Retro. Ya! Electro Drum pada era masa itu memang sangat membuat telinga kita terngiang, lengkap dengan fill-in drumnya juga. Pada awal lagu, Lawrence mensiasati verse ini dengan ketukan Half-Beat. Namun pertengahan lagu atau Chorus dari lagu ini, ketuakan pada lagu ini berubah menjadi Full-beat yang sangat Uplifting.

Berbicara soal Chorus pada lagu ini, Karissa memutuskan untuk membuat repetisi lirik yang akan membuat terngiang di kepala. “Please Don’t Give Up on Me” kata tersebut diulang pada Chorus/Reff lagu ini yang juga memberi penekanan pada cerita lagu ini. Seluruh lirik pada lagu ini memang sangat “kena” untuk pencinta musik retro/synthwave. Lirik ditulis dan dinyanyikan sendiri oleh Karissa sendiri. Lagu ini simple tapi “nyampe”. Lirik yang diceritakan juga sangat konkrit, menceritakan bahwa sipenulis mencoba meyakinkan pasangannya untuk tidak menyerah padanya.

Benar – benar perpaduan yang sangat pas untuk bernostalgia ke era itu! Musik yang di Composed dan di arrange oleh Lawrence ini sangat kawin dengan vokal milik Karissa. Sekali lagi ini lagu “baru tapi lama”, dirilis di era sekarang tapi membawa kita ke era dimana kita membayangkan gaya rambut big hair, warna pastel, sepatu LA Gear, Baju dengan Shoulder-pad , Jane Fonda, Rambo, dan Ronald Reagan! Siapkan Hair band, crop top, dan celana spandex karna lagu ini akan membawa pesta ke era yang sangat keren itu!

“Please Don’t Give Up on Me” – Lawrence Philip feat. Karissa telah dirilis pada 5 Juni 2020. Tersedia di semua portal streaming seperti Spotify, Apple Music, Deezer, Tidal, dll.

Label: Sparkle Music

Artist: Lawrence Philip feat. Karissa

Title: Please Don’t Give Up on Me

 

Penulis

Faishal Hafizh Dwiantara*

*Seorang DJ, Produser Musik dan Arsitek yang sedang menggeluti usaha warung makan berjenis Warmindo bernama “Burya Yohni”. Sekaligus seorang pemain band post-rock instrumental “Surn” yang baru saja merilis mini album bertajuk “SamSal-Ett“.

Previous Righting Wrong - Utopia: Tentang Keselarasan dan Keteraturan Dunia yang Semu
Next Mental Image Merilis EP Perdana “Liminals”