JOU BARAKATI – “Remembrance” Single


Baik buruk sebuah hubungan tetap sebuah kenangan, romansa dan segala hiruk pikuknya hanya buah manis di dalamnya. Jou Barakati mengusung Psychedelic Rock dan Pop Folk sebagai gaya bermusiknya, lengkap dengan pengaruh kental dari era 60-an and 70-an.

 Remembrance of things past is not necessarily the remembrance of things as they were.” ― Marcel Proust

Menggambarkan tentang bagaimana hal-hal yang belum selesai di masa lalu dapat mempengaruhi situasi sebuah hubungan, Remembrance merefleksikan bagaimana hal tersebut dapat mempengaruhi keadaan sekitar secara aktual. Percobaan untuk memperbaiki hal-hal yang tidak seharusnya diperbaiki justru menimbulkan luka akibat dari nostalgia. Bagaimana menarik mundur ke gambaran yang lebih besar dan bagaimana hari-hari yang dihabiskan bersama dalam suka hanya akan kembali ke dalam duka adalah pertanyaan yang jawabannya berusaha ditemukan dalam lagu ini.

“Remembrance menceritakan tentang memperbaiki, membagi dan menyembuhkan segala luka hati, tangis dan kepahitan yang terjadi serta terpatri dalam setiap memori dan tempat” jawab ocsila purba selaku sebagai penulis lirik remembrance.

“Sense of Place” memiliki peran besar dalam pembuatan lagu ini, tidak lain adalah perasaan yang didapatkan saat melangkah ke suatu tempat yang begitu familiar namun di saat yang bersamaan juga terasa sangat asing. Berada di tempat itu, tertulis jelas di seluruh dinding tentang bagaimana pengkhianatan dan kekecewaan yang menghantam seluruh sudut ruangan, dan mengikuti perjalanan ini bukanlah sebagai pengalaman yang menyenangkan. Dibutuhkan waktu kurang lebih 1 tahun dalam penggarapan single ini, karena adanya kekosongan dalam posisi vokal.

“Sebenarnya lagu ini sudah jadi jauh sebelum adanya “Salon Muslihat”, tapi karena adanya pergantian personil dan perubahan lirik, sehingga lagu ini baru dapat diproses selama setahun belakangan” ucap Icad. “Kami juga dibantu oleh Lutfi dari Ranu Pani dalam proses mixing dan mastering” timpal Dimas.

Dibantu oleh Debby Selviana atau biasa dipanggil Janet dalam pengerjaan artwork. Menggunakan media kolase, Janet mencoba membawa kita untuk mengulas setiap memori dan kejadian – kejadian di masa lalu yang mengajarkan berkembangnya cinta kasih yang kita beri dan dapatkan sejak lahir. Memberikan kebahagian pada orang – orang dan dicintai dengan sepenuh kasih sayang dalam keadaan apapun dan dimanapun.

Remembrance dirilis dan distribusikan oleh Kaum Minor Records, Semarang, pada 26 Februari 2021 serentak di Spotify, iTunes, JOOX, dan platform digital lainnya.

Informasi lebih lanjut, hubungi:

Kontak: +62 822-2595-6202 Leni Fadhilah

Jou Barakati Media sosial: Twitter @JouBarakati Instagram @joubarakati

E-mail: joubarakati.group@gmail.com

 

Previous Abolish Conception – Imortalitas dalam Bentangan Nihil
Next Fithor Faris Kembali Merilis Single Baru Berjudul "Lonely Cat"