Debut Karokewan yang Menggairahkan


Karokewan yang merupakan singkatan dari “Karaoke Bersama Kawan” baru saja menyelenggarakan debut kegiatannya pada tanggal 29 Februari 2020. Karokewan merupakan sebuah unit pesta di bawah naungan dan pengawasan Koperasi ke666elapan yang bergerak dalam bidang karaoke massal. JKT-48 Karaoke Night merupakan tema debut eksibisi yang mereka kurasi, dengan setlist dari Tsundere-kun seorang yang mendeklarasikan dirinya sebagai anggauta pertama dan terakhir komunitas anime Purwokerto cabang Patikraja.

Kegiatan ini diselenggarakan di Level Up sebuah resto yang mengadaptasi konsep pool & garden di Purwokerto. Pada awalnya tim produksi Karokewan ingin menggunakan lahan outdoor yang tersedia dengan tujuan memadu padankan konsep pesta dan hura-hura di kebun sekaligus memanfaatkan fasilitas yang tersedia. Namun mendung tanpa kejelasan datang dan hujan deras tanpa henti mengguyur sedari sore sehingga acara harus dipindahkan di area indoor hall. Oleh karena itu tim produksi Karokewan dengan segera mengatur tata letak dan konsep acara indoor.

Malam menjelang, pengunjung mulai berdatangan, sembari menunggu acara dimulai tiket on the spot mulai dijual. Tiket untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini dijual dengan harga Rp. 15.000,- untuk pre-sale dan Rp. 20.000,- untuk tiket on the spot. Sekitar jam 8 malam acara dimulai, tim Karokewan menyiapkan sekitar 40 lagu dengan durasi kurang lebih 3 jam. Set list disusun dan dimainkan rapih oleh DJ DVTR lalu karaoke dipandu dengan gembira oleh Tsundere-kun sendiri.

Dengan kapasitas Sound System yang menghentak dan formasi gemerlap tata lampu ala klub malam peserta Karokewan dihajar habis-habisan bernyanyi dan berjingkrak selama kurang lebih 3 jam. Terhitung hanya ada dua kali jeda bernafas yang diberikan oleh pemandu karaoke. Aroma ruangan ber-AC yang segar lambat laun menjadi lembab penuh kucuran keringat dari Wota dan fanatik JKT-48 lainnya yang memang menjadi sasaran utama dalam eksibisi debut unit karaoke masal ini.

Mencari celah segmentasi yang tepat untuk memulai sebuah pergerakan menjadi titik awal skenario Karokewan dalam mengembangkan kultur karaoke masal di Purwokerto. Di tengah desas-desus tentang bagaimana ekosistem seperti karaoke masal ini bisa berkembang terutama di Purwokerto, Karokewan menyajikan pendekatan arus yang cukup segmented dengan membagi pagelaran dengan ragam edisi yang tidak terlalu luas namun mendapatkan konsentrasi yang baik dan membangun kesan yang cukup personal kepada audience.

Kurang lebih ada sekitar 50 orang yang tercatat masuk dan membeli tiket untuk kegiatan Karokewan edisi pertama ini. Hal tersebut dirasa cukup untuk menjadi tolak ukur mengembangkan edisi-edisi Karokewan selanjutnya. Terlebih pada ending acara Karokewan edisi pertama ini dengan jelas disematkan kata-kata “To Be Continued“. Gibran sebagai kepala operasional Karokewan pun menyampaikan apabila kegiatan semacam ini akan berjalan rutin dengan edisi yang berbeda pada setiap pagelarannya.

Yang tak kalah gokil adalah keesokan hari setelah acara selesai tim Karokewan kembali berpartisipasi bekerja sama dengan komunitas BTS Army untuk mengisi sesi karaoke bersama. Dengan pembukaan produktivitas mereka dalam dua hari ini memang cukup menyulut energi baru sebuah pergerakan di Purwokerto. Setidaknya dalam dua hari tersebut instagram stories Karokewan dipenuhi dengan titik-titik kegembiraan orang-orang yang mengekspresikan kecintaan mereka terhadap lagu-lagu idolanya.

Dengan munculnya sebuah unit seperti Karokewan ini akan cukup menyegarkan jenis pagelaran yang ada di Purwokerto. Tinggal menunggu konsistensi mereka dalam edisi-edisi selanjutnya, terlebih Karokewan ini bergerak dalam unit yang “komersil”. Oleh karena itu memutar otak untuk menyelenggarakan edisi selanjutnya menjadi PR mereka yang berkelanjutan. (FF)

Previous Perjuangan Melawan Pikiran Sendiri oleh Virdania Melalui Single Perdana “Restless”
Next Jahiliyyeah Kolektif City Leap Vol 2 : Ajang Pamer Materi Baru