Di bulan Ramadhan ini sejenak kami ingin sekali lagi bersyukur dan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas semua dukungan yang ditujukan untuk kesuksesan tour Shaggydog Goes SXSW 2016 bulan Maret lalu. Tembusnya Shaggydog ke dalam salah satu pagelaran hiburan dan tehnologi paling wahid di Amerika bahkan dunia ini, yang dibuka oleh Barack Obama beserta istri, tentunya tidak lepas dari dukungan kita semua.

Ya, Shaggydog telah sukses mengajarkan publik Amerika untuk berdansa dan mengangkat gelas mereka. Dua kali jadwal main mereka libas dengan gemilang, pertama pada 17 Maret di Flamingo Cantina dan sebuah show penutup yang meriah pada 19 Maret di Russian House.

Berangkat tanpa crew dengan hanya mengajak sound engineer (Pak Ting) serta videographer merangkap photographer (Boris dari Malaria House), ke enam pemuda asal Sayidan ini nekat menelusuri salah satu pusat dunia hiburan dunia. Tak pelak mereka kembali mencicipi nostalgia saat awal mereka ngeband seperti memotong flyer jadwal show, kemudian menempelkan atau membagikannya sendiri ke orang di jalanan.

Berada di sebuah arena musik dunia membuat mereka tidak mau ketinggalan untuk membuat video klip. Kali ini “Rock Da Mic” salah satu lagu gacoan dari album terbaru yang masih dalam proses mixing mastering pun didapuk sebagai lagu yang di-video-kan oleh Malaria House di jalanan kota Houston.

Para personel Shaggydog pun tidak ingin ketinggalan momen berharga ini untuk berdiskusi dengan produser musik kelas dunia (semisal Baauer, produser “Harlem Shake”), atau berbincang dengan tim produksi film “City Of God”, bahkan makan malam bersama Konjen KJRI Houston, Bapak Henk Saroinsong serta Bapak Boni dari Bekraf (Badan Ekonomi Kreatif) Indonesia.

Tak hanya itu, mereka juga tidak lupa melakukan ritual crate digging di salah satu records store terbesar disana (Waterloo Records) serta menonton band atau group favorite (NOFX, Mungos Hi-Fi) disamping menjajal purwa rupa tehnologi baru yang belum dipasarkan.

Semua keriaan tersebut tidak pernah luput dari bidikan kamera Boris sebagai videographer Malaria House yang kemudian dirangkum dalam sebuah film pendek berdurasi 22 menit. Film dokumentasi bertajuk Shaggydog Goes SXSW 2016: The Movie ini bisa dinikmati bersama mulai hari Jumat tanggal 24 Juni 2016, pukul 22.00 WIB melalui website Malaria House:

www.malariahouse.com

Tak lupa kami ucapkan terima kasih banyak kepada semua pihak yang memungkinkan #ShaggydogGoesSXSW ini terwujud: Hurley, Electrohell, Malaria House, PT Orang Tua, KJRI Houston, Rumah Budaya Indonesia Austin serta semua media yang membantu kami selama ini.

Martinus Indra Hermawan

(General Manager DoggyHouse Records)