Seperti yang sudah-sudah, kami di Heartcorner Collective memiliki agenda rutin yang sudah digagas sejak 2013 lalu. Namanya Record Store Day. Kontennya apa? Mungkin pembaca bisa melihat arsip di laman ini atau sekadar berselancar di dunia maya untuk tahu apa sebenarnya Record Store Day.

Pembaca, merayakan sesuatu harusnya menjadi tataran terendah dalam menyikapi sesuatu yang baik. Sedang tataran tertingginya adalah menyebarkan secara luas pengaruh baik yang ada di dalamnya. Dan kami pikir, sebagai kumpulan manusia yang normal wajar bila kami ingin meningkatkan sesuatu.

Record Store Day kali ini memang sudah sepantasnya meningkat dari gelaran-gelaran sebelumnya. Bila mengaitkannya dengan masalah deret angka, tentu saja tiga kali gelaran sudah cukup menjadi sarana trial and error. Tapi bila mengaitkannya dengan peningkatan tujuan, dalam hal ini menyebar luaskan sebuah pengaruh baik, sepertinya kami masih jauh dari itu.

Di kota-kota lain, Record Store Day tidak hanya melulu berfokus pada arti harfiah gelaran tersebut: menggelar lapakan dan kegiatan jual beli rilisan fisik. Mereka mampu mendorong perayaan tersebut menjadi hari yang benar-benar prestisius hingga membuat para kreatif musik di kota tersebut merilis rilisan fisik pada hari itu. Nah, kami pikir itulah yang menjadi arti puncak dari Record Store Day: menyebar luaskan pengaruh baik mendorong para kreatif musik untuk merilis dan mendokumentasikan karya mereka.

Tiga tahun kami pikir sudah cukup untuk menjadi jangka waktu untuk bereuforia dan bernostlagia. Maka, tahun keempat ini sepertinya sudah saatnya kami mengajak para pembaca atau kreatif musik yang mungkin membaca tulisan ini untuk turut serta dalam gelaran kami di 2016 ini. Ya, kami akan menampung rilisan fisik teman-teman yang dirilis dekat dengan perayaan yang kami gelar tanggal 16 April. Apapun itu bentuknya, piringan hitam, kaset, 8-track. disket, atau CD kami akan membantu teman-teman untuk mempromosikan dan membantu menjualkan karya teman-teman di gelaran besok. Dan lebih ekstremnya lagi kami berharap dengan tawaran ini kami akan memacu teman-teman, yang mungkin tengah menggarap album, untuk segera meyelesaikannya sebelum tanggal 16 April besok.

Bukankah akan menjadi sangat menarik ketika meningkatkan sekadar euforia atau nostalgia menjadi sesuatu yang sakral, layak dikenang, dan mendorong orang banyak untuk merilis karya di hari itu? Tentu saja!

Jangan malu menghubungi kami melalui Irfan di (08112821990). Mari bergabung, teman-teman. Salam.