Mengenai Nostalgia dan Bagaimana Kita Memperluas Pengaruhnya


Bagi kita yang tumbuh besar dan berkembang di awal tahun 90an sampai akhir 90an, radio, tape, dan kaset adalah media-media yang menjadi keutamaan dalam usaha mencari serta menetapkan letak dalam strata sosial kita di pergaulan sehari-hari. Dahulu, pada masa keemasannya, radio merupakan sarana bagi kita untuk mendapatkan hits terbaru bagi kita yang mungkin kurang beruntung sehingga tidak mampu memasang parabola guna mengikuti pengiringan opini massal mengenai musik yang bagus melalui MTV. Radio dahulu adalah sarana bagi kita untuk mengekspresikan diri, mulai dari selera musik, usaha untuk meraih eksistensi dalam kalangan anak muda, mencoba menebar pesona pada lawan jenis, hingga hal terjahat, merekam lagu hits yang kita suka melalui siaran radio via kaset kosong dan tape recorder.

Fakta mengenai kejayaan radio di masa lalu membuat Heartcorner Collective, bekerja sama dengan PadukaFM, ingin membangkitkan kembali kenangan akan kejayaan sebuah generasi, generasi 90an. Guna mengakomodasi semangat tersebut, kami dan PadukaFM akan bekerja sama dalam sebuah sesi yang jatuh pada hari Jum’at pukul 21.30 mulai minggu depan. Apa yang istimewa dari sesi ini? Yang istimewa adalah sesi ini, selain akan digunakan buat memutar memori pendengar pada era 90an, adalah usaha kolektif kami dan PadukaFM dalam mengembalikan kerjasama antara radio, tape, dan kaset. Sesi ini akan diisi oleh hits pengenang masa kejayaan pendengar melalui kaset yang diputar melalui tape dan direlay melalui pemancar radio.

Ide mengenai kesadaran untuk memelihara dan tetap membeli rilisan fisik baik dalam bentuk kaset atau CD adalah ide awal yang dibawa oleh kami dalam Heartcorner Collective. Namun, edukasi yang berujung pada kesadaran bukanlah sesuatu yang mudah dilaksanakan ketika hanya disampaikan melalui media berupa tulisan saja. Oleh karena itulah, ketika PadukaFM memberikan kesempatan untuk memanfaatkan frekuensi, sudah barang tentu hal tersebut merupakan cara yang lebih efektif guna menyampaikan pesan yang hendak kami sampaikan. Dengan semakin luasnya pemahaman mengenai pentingnya memelihara dan membeli rilisan fisik, kami bermaksud meraup partisipasi pendengar pada Record Store Day tahun 2015 ini. Perlu diketahui bersama, Record Store Day adalah perayaan bagi para penggemar rilisan fisik yang dirayakan pada tiap minggu ketiga bulan April di seluruh dunia. Perayaan ini, pendukung utamanya adalah record fairs atau para pelapak yang berjualan rilisan fisik di hari itu. Purwokerto, diwakili Heartcorner Collective, telah dua kali mencoba melaksanakan perayaan ini. Namun, seperti yang tercatat, perayaan yang sudah-sudah selalu diadakan dengan “seadanya” akibat rendahnya minat pemburu rilisan fisik di Purwokerto dan kurangnya media untuk memberitakan berita baik tersebut.

Dengan kesempatan yang diberikan oleh PadukaFM, besar harapan kami untuk membangkitkan minat berpatisipasi dari pendengar, karena kami yakin mendengar adalah aktivitas yang jauh lebih ringan dibandingkan membaca. Maka, dengan segala keriuhan yang pasti akan timbul pada memori pembaca ketika mendengar sesi ini, perkenankan kami untuk menggiring opini pembaca, serta pendengar nantinya, guna turut berpatisipasi bersama kami di gelaran Record Store Day Purwokerto April nanti. Jadi, selepas membaca tulisan ini, jangan lupa buat bersiap melempar jauh ingatan ke belakang dalam sesi kami Jumat nanti pukul 21.30, dan perlu diingat, kami menggunakan apa yang dulu biasa kita gunakan: Tape dan Kaset. Mari bernostalgia dan kami berharap: Mari berpartisipasi.

Previous “Perspektif” (Remastered and Reissued) - Doyz
Next Cloudburst/Warmouth Split