Part II – OCTOPUZ


Artist: Octopuz  |  Album: Part II  |  Genre: Stoner Metal/Sludge  |  Label: Girez Records  |  Tahun: 2013

Pada pertengahan tahun 2009 di salah satu gigs di Kota Lumpia, saya mendapati sebuah penampilan band yang namanya terasa baru di telinga saya. Band tersebut bernama Octopuz, namun herannya walaupun nama mereka terasa baru di telinga saya terdapat sesuatu yang tidak biasa dalam pandangan saya waktu itu. Performa mereka cukup menyita perhatian saya dan untuk band yang saya anggap baru, kemampuan mereka untuk memanaskan suasana sebuah gigs sudah berada dalam tahap intermediate. Semua keheranan yang sempat berkecamuk di pikiran saya akhirnya segera menemukan ujungnya, dan ujung dari keheranan saya adalah ternyata personel-personel yang terlibat dalam Octopuz memang sudah tak asing ditelinga para penikmat musik keras di Semarang, sehingga sudah menjadi hal yang wajar nama-nama lawas yang terlibat dalam Octopuz ini mampu memanaskan panggung dengan mudah sesuai dengan pengalaman mereka. Octopuz sendiri adalah band yang terbentuk ditahun 2008 dan digawangi oleh Brury (gitar), Ableh (gitar), Haryo (vokal), Asa (drum), serta Novelino (bass). Dalam proses kreatifnya mereka  sudah merilis EP pertama mereka bertajuk “I” pada 2009 silam. Dan pada pertengahan tahun ini mereka kembali merilis lanjutan dari EP pertama mereka dengan judul “Part II” yang diirilis oleh Girez Record.

Dalam EP kedua berjudul “Part II” mereka mengusung 6 track yang cukup berat dan berbahaya. Tak usah berlama-lama dalam merangkai prolog, langsung saja kita menuju sajian inti  mengenai track per track dalam EP “Part II” ini. Segera setelah pemutar cd dinyalakan, kita akan disuguhi oleh sebuah track instrumental sebagai pembuka EP “Part II” berjudul “Ranah Tandus” yang membuat kita merasakan suasana kencang nan berbahaya. Octopuz sepertinya ingin menunjukan peningkatan musikalitas yang cukup signifikan dari EP pertama mereka dan hal tersebut langsung dapat kita temukan buktinya pada lagu pembuka tersebut. Rangkaian instrumental pada “Ranah Tandus” langsung disusul oleh “Purifikasi Dosa Semesta”. Menurut pendengaran saya track tersebut sedikit mengingatkan saya pada unit stoner kenamaan dalam negeri, Komunal, dengan riff-riff gitar khas yang kencang, penuh semangat yang dijamin mampu memanjakan telinga para pendengarnya. Di track ketiga yang berjudul “Distorsi”, Octopuz tidak segan untuk segera mengajak saya  berjingkrak-jingkrak setelah mereka sepertinya mengatakan  “cukup pemanasannya melalui dua track awal, sekarang saatnya kita bersenang-senang”. Track “Kontradiksi Eksistensi” semakin menenggelamkan kita kedalam balutan musik Stoner yang memang dari awal terasa kental dalam rangkaian musik yang mereka bangun sedari awal album. Track selanjutnya yaitu “Diorama” memiliki nilai lebih di telinga dan perasaan saya, sebab track tersebut menurut saya dapat memberikan sebuah aura dimana kita benar-benar seperti sedang menyaksikan mereka secara live, bukan melalui alat pemutar CD. Satu track lain yang menarik buat saya ada di penutup pada EP “Part II” ini. Track tersebut berjudul “Manusia dan Serigala” dimana Octopuz menggandeng Hamzah (Retorika) untuk mengisi bagian vokal rap dalam lagu tersebut.  Paduan antara suara rap tebal khas dari salah satu punggawa band Retorika yang berpadu dengan riff gitar tebal a la Octopuz menjadikan track tersebut sangat orisinil dan menurut saya disini  Octopuz  sangat berani untuk menghadirkan suasana baru ke dalam musik mereka melalui perpaduan vokal rap dan riff-riff stoner, benar-benar ide yang briliant.

Dalam EP kedua berjudul “Part II” mereka mengusung 6 track yang cukup berat dan berbahaya.

Well, secara keseluruhan meskipun saya menganggap EP “Part II” masih terdengar “biasa” dan tanpa perubahan berarti dari EP terdahulu mereka, tetapi “Part II” ini sangat layak untuk diapresiasi terutama dengan adanya Track “Manusia dan Serigala” yang menurut saya merupakan terobosan baru yang cukup briliant, selain itu EP “Part II” ini semakin menajamkan eskistensi Octopuz dalam scene Semarang. Bagi kalian yang mungkin tertarik dengan progressi musik Octopuz yang hadir dalam EP “Part II”, mari sama-sama berharap kalau EP ini adalah pemanasan yang dilakukan Octopuz guna mematangkan materi yang akan mereka pamerkan di Full album mereka. Maka dengan segala harapan yang terbangun dari EP ini mari kita tunggu  karya-karya berbahaya dan progresi musik Octopuz dalam album mereka berikutnya. (AFA)

Previous Inverted Attack #3
Next Self Titled - SEMAKBELUKAR